Sketsa Kehidupan di Australia

Kumpulan cerita pendek tentang koleksi suka-duka kehidupan di Australia (theresajackson@iinet.net.au). Silakan lihat my complete profile, terdapat 5 Blog yang lain; Kisah-kisah Imigran di Australia, Resep Masakan IndoAus, Persahabatan Indo-Jepang di Australia, Kerabat Jawa di NSW dan Toys of Migrants in Australia. Komentar Anda diharapkan (Please post a comment!).

Saturday, May 20, 2006

Dokter Mobil


Mobil Toyota Avensis Ultima kami sudah diservis beberapa kali di bengkel Toyota Authorized Dealernya namun kali yang terakhir selain rekeningnya membengkak ada pula kekecewaan kami. Mobil yang semula berjalan mulus tidak pernah mogok itu tiba-tiba jadi mogokan, ternyata akinyalah yang menjadi pusat permasalahannya. Di dalam rekening akinya pada saat masuk bengkel terakhir diganti baru namun bagaimana mungkin malah menjadi sering macet seperti itu. Mobil dikembalikan ke bengkel dan mereka mengaku bahwa akinya keliru terpasang aki lama, akipun diganti yang baru dan mobil menjadi tokcer.

Sejak peristiwa itu, ragu rasanya memasukkan mobil kembali ke bengkel besar itu. Sementara sedang dalam keadaan kebingungan seperti itu ada teman yang menyarankan untuk memanggil seorang dokter mobil, yaitu semacam ahli mekanik yang berkunjung ke rumah seperti servis yang diadakan oleh Lube Mobil di Australia.

Dahulu sewaktu masa kanak-kanak saya, ayah adalah seorang mekanik mobil yang memiliki sebuah bengkel mobil bernama "Bengkel Baik" terletak di jalan Ngabean (kini KHA Dahlan) di Yogyakarta. Mobil yang dirawat oleh ayah kebanyakan mobil buatan tahun 1950an seperti mobil Dodge yang tertera disini.

Pada tanggal 20 May 2006 ketika hujan turun rintik-rintik dokter mobil itu datang. Seorang mekanik mobil bernama Iwamoto-san yang telah bekerja di Sydney selama 7 tahun. Dengan cekatan ia memeriksa keadaan mobil, mengganti oli, karet kipas penghapus air hujan, menambal ban dan mengisi angin. Dalam waktu satu jam semua pekerjaan selesai dan tinggal membayar biayanya yang jauh lebih ringan dari di bengkel. Kami sangat puas akan pekerjaannya. Pastilah sesuai, sebuah mobil jepang diperbaiki oleh mekanik jepang!

Semua perbaikan dan servis itu untuk persiapan perjalanan yang akan dilakukan pada tanggal 1 Juni 2006 mendatang dengan mobil kami ke Melbourne sampai dengan tanggal 6 Juni 2006.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home